arti dan fungsi sejarah


Nama :Moh Teguh Prasetyo
NIM    : A02209021


Arti dan Fungsi Sejarah

Sejarah adalah  Sejarah suatu kajian ilmu yang mempelajari hal-hal yang terjadi pada masa lampau yang berdasarkan fakta yang ada dan arsip yang ada untuk itu sejarah mempunyai arti dan fungsi tersendiri untuk itu saya akan menjelaskan sedikit tentang arti dan fungsi sejarah itu sendiri:


1)      Kesadaran Sejarah
Setiap orang bertindak sebagai sejarawan: apakah dia berziarah ke makam leluhur dan bertanya makam siapa yang dikunjunginya urutan genealogis sampai buyut, canggah, utek-utek, gantung siwur  kesemuanya itu sebenarnya adalah menyangkut tentang bekas-bekas kejadian, monument, dan daokumen.

Sejarah dapat di anggap sebagai alat untuk mengurangi kekawatiran kita terhadap hal yang tidak di ketahui. Meskipun sejarah tidak berulang kembali, namun pengalaman sejarah dapat digunakan untuk menghadapi krisis masa kini karena selalu ada persamaannya. Dengan perspektif sejarah kritis masa kini dapat dihadapi melalui perbandingan dengan masa lampau.
Sejarah memperkuat perasaaan akan realitas, sehingga tidak menimbulkan harapan seperti datangnya milenium atau zaman kekemasan, datangnya Ratu Adil dan sebagainya.

2)      Pengetahuan Sejarah dan Fungsinya
Fungsi dan pengetahuan sejarah banyak ilmuan yang mengemukakan pendapatnya diantaranya Carlyle bahwa sejarah “ hanya sebuah tumpukan debu saja atau kebohongan yang di setujui seperti definisi Napoleon, atau lagi menurut pendapat penyair paul Valery “ sejarah adalah produk yang paling berbahaya dari proses intelek manusia” dari sekian definisi tersebut maka bisa disimpulkan bahwa sejarah adalah:

Pengetahuan sejarah yang termaktub dalam kuku – buku sejarah, pengetahuan itu terjalin erat dalam segala jenis pengetahuan atau ilmu lain, seperti bidang hokum, strategi perang,kedokteran,arsirektur, dan lainnya.

3)      Masa Lampau dalam Masa Sekarang

Sejarah adalah masa lampau juga masa sekarang hal ini kita dapatkan bahwa sejara adalah sebuah pengalaman yang sangat berharga untuk itu  Barang siapa lupa sama sekali akan masa lampaunya dapat di ibaratkan mereka sakit jiwa.mereka kehilangan identitasnya dan karena itu kelakuannya sudah tidak menentdan terlepas dari norma – norma atau nilaihidup yang berlaku di lingkungan itu. Apa yang tersimpan dalam museum adalah badian kecil dari peninggalan masa lampau. Sesungguhnya apabila kita memandang lingkungan kita, masyarakat, kebudayaaanya dengan segala lambang – lambang dan lembaga – lembaga, kesemuanya itu dari perspektif sejarah tidak .lain merupakan hasil terakhir  ataupun endapan dari proses perkembangan historisnya.


4)       Wisata Sejarah

Dalm hal ini kita dapat mengembangkan imajinasi kita bahwa kita dapat berwisata sejarah dengan sedikit pemikiran dan tengaga intuk mengarungi kesadaran bahwa Ada sedikit kesadaran akan adanya sejarah di sekitar  kita,terbukti adanya perharian kami kepada tradisi local yang diceritakan oleh orang – orang tuasekitar tempat – tempat keramat. Dengan hal itu akan menambah hasrat ingin tahu di tambanh imajinasi kita dapat berkunjung ke zaman lampau seperti yang masih berbekas di sekitarkita.


5)      Sejarawan
           Sejarawan adalah wisatawan professional dalam dunia lampau. Mereka mempunyai ke khususan dalam suatu daerah tertentu seperti dunia lampau Indonesia atau salah satu daerah bagianya seperti aceh, ambon dll. Ada pula mereka menguasai sejarah kawasan tertentu misalnya Eropa, Amerika dll. Dalm hal ini kita dapat memasuki daerah lain sebagai pengetahuan kita.

Beberapa kunci untuk memasuki wilayah sejarah ialah apa yang disebut sumber – sumber, pererti legenda,folklore, prasasti, monument, alat alat sejarah,perkakas, rumah, dokumen – dokumen, surat kabahr dan surat – surat.. untuk menjelajahi wilayah itu maka perlu diketahui bahasa dari berbagai dokumen dan surat – surat itu. Kecuali seorang wisatawan sejarah itu perlu mengenal dan dapat membaca tulisannya.

6)      Sejarah Kritis
Banyak persoalan atau pertanyaan yang diajukan sejarahwan tidak dapat dijawab seluruhnya hal tersebut dikarenakan terlalu banyak sehingga hal tersebut menjadi masalah bagi sejarawan bagaimana mengolah, atau menyeleksinya. Kan tetapi agaknya perlu di fikirkan bahwa sumber apapun sangat berguna bagi sejarahwan.

Bagi sejarawan sumber atau dokumen apa saja dapat menjadi bukti apabila dipakai untuk memecahkan suatu persoalan dan sebaliknya dari sekian banyaknya dokumen di arsip kita tidaka mengetahui nama yang berguna sebagai bukti sebelum ada yang menggunakannya. Dalam kitupan suatu dictum yaitu bahwa siapa yang mengontrol masa lampau akan menguasai masa depan. Sebagai penjaga  atau jutu kunci masa lampau, sejarwan mempunyai tanggung jawab yang besar. Ia wajib mempertahankan integritas sejarah mamupun integritas pribadi sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HISTORIOGRAFI KONTEMPORER DAN PERKEMBANGAN PARTAI POLITIK ERA REFORMASI

ekonomi islam pada masa Abu Bakar

orientalisme dan motivasinya